Skip to main content

Pokok Permasalahan Filsafat Ilmu Sosial: Apa yang Harus Dipahami

Salah satu cabang filsafat ilmu yang menarik buat dibahas adalah filsafat ilmu sosial. Ilmu sosial itu kan ilmu yang ngebahas tentang manusia dan hubungannya dengan lingkungan sosialnya. Nah, kalo kita mau ngerti lebih dalam tentang ilmu sosial ini, kita harus tau dulu apa aja yang jadi pokok permasalahan filsafat ilmu sosial.



Ada 4 hal yang biasanya jadi perdebatan di antara para filsuf ilmu sosial. Yang pertama adalah tentang apakah ilmu sosial itu bisa disamakan dengan ilmu alam atau nggak. Ilmu alam itu kan ilmu yang ngebahas tentang fenomena alam yang bisa diukur dan diuji secara objektif. Sedangkan ilmu sosial itu ngebahas tentang fenomena sosial yang lebih kompleks dan subjektif. Jadi, apakah metode ilmiah yang dipake di ilmu alam bisa juga dipake di ilmu sosial? Atau apakah ilmu sosial itu harus punya metode sendiri yang sesuai dengan karakteristiknya?


Yang kedua adalah tentang apakah ilmu sosial itu bisa bersifat netral atau nggak. Netral di sini maksudnya adalah bebas dari nilai-nilai atau pandangan hidup tertentu. Misalnya, kalo kita mau ngebahas tentang kemiskinan, apakah kita bisa ngelakuinnya tanpa terpengaruh oleh ideologi politik, agama, atau moral kita? Atau apakah kita harus mengakui bahwa ilmu sosial itu selalu punya keterkaitan dengan nilai-nilai yang kita anut?


Yang ketiga adalah tentang apakah ilmu sosial itu bisa bersifat universal atau nggak. Universal di sini maksudnya adalah berlaku untuk semua manusia dan semua situasi. Misalnya, kalo kita mau ngebahas tentang budaya, apakah kita bisa ngelakuinnya tanpa membeda-bedakan antara budaya satu dengan budaya lain? Atau apakah kita harus menghormati bahwa setiap budaya itu punya keunikan dan kekhasan tersendiri?


Yang keempat adalah tentang apakah ilmu sosial itu bisa bersifat prediktif atau nggak. Prediktif di sini maksudnya adalah bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan berdasarkan data atau teori yang ada. Misalnya, kalo kita mau ngebahas tentang perilaku manusia, apakah kita bisa ngelakuinnya tanpa mengabaikan faktor-faktor yang nggak terduga? Atau apakah kita harus menyadari bahwa manusia itu makhluk yang dinamis dan berubah-ubah?


Nah, itulah 4 hal yang jadi fokus pembahasan filsafat ilmu sosial. Dengan mempelajari hal-hal ini, kita bisa lebih kritis dan reflektif dalam memahami dan menerapkan ilmu sosial di kehidupan nyata. Kita juga bisa lebih terbuka dan toleran terhadap pandangan-pandangan yang berbeda dari kita. Dan yang pasti, kita bisa lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan bertindak sebagai manusia sosial.

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.