Skip to main content

Bersyukur untuk Menjaga Kesehatan Mental

 Nih, aku baru aja dikasih tugas sama temenku untuk nyari buku tentang "self love". Gue juga jadi penasaran, sebenernya apa sih self love itu?



Kalo menurut gue, self love itu artinya mencintai diri sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita punya. Nah, kalo lo udah bisa mencintai diri lo sendiri, lo bakal merasa bahagia dan percaya diri dong. Soalnya, lo nggak lagi mikirin ekspektasi orang lain atau ngerasa kurang sukses dari orang lain.


Ada banyak banget manfaat dari self love ini. Pertama, lo bakal merasa puas dengan hidup lo sendiri. Lo nggak lagi terbebani sama harapan orang lain, jadi lo bisa fokus sama kebutuhan lo sendiri. Kedua, lo bakal jauh dari gangguan mental seperti depresi atau kecemasan. Karena lo udah cinta sama diri lo sendiri, lo nggak lagi ngerasa down kalo ngeliat orang lain yang lebih sukses. Ketiga, self love juga bakal bantu lo hidup lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Jadi, lo bakal lebih memperhatikan kebutuhan lo sendiri, seperti makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan berolahraga. Lo juga bakal lebih memperhatikan kebutuhan rohani, seperti bersyukur dan melatih kesadaran.


Ternyata, self love ini nggak cuma istilah populer di media sosial aja loh. Justru, self love ini bener-bener penting banget buat hidup lo sendiri. Kalo lo udah bisa mencintai diri lo sendiri, lo bakal merasa lebih tenang dan bahagia, dan tentunya lebih dekat sama tujuan hidup lo. Gue jadi inget, kalo dalam Islam sendiri, self love juga punya arti penting karena bisa membantu kita mencapai kesehatan mental yang lebih baik. Ya kan, kalo udah sehat mentalnya, tentunya hidup kita bakal lebih harmonis juga.

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.