Skip to main content

Berkunjung ke Rumah Keluarga Legendaris Ketoprak Siswobudoyo di Gurah Kabupaten Kediri

 Oleh Dwi Cahyono

Gengs, dulu pas tahun 1996, Majalah Gatra pernah ngasih penghargaan "Gatra Kencana" ke Ki Siswondo Harjo Suwito, bos dari Ketoprak Legendaris "Siswobudoyo". Nah, pas tahun 2010, Gubernur Jawa Timur juga ngasih penghargaan ke beliau. Asik banget ya dapet penghargaan gini, apalagi Ketoprak Siswobudoyo ini udah dikenal banget di masanya dan pernah dapet penghargaan beberapa kali.



Oh iya, di Tulungagung itu ada gedung kebudayaan yang dinamain Taman Budaya "Ki Siswondo HS" Tulungagung. Keren banget kan namanya keabadikan gitu. Aku sih berharap nanti pas tanggal 20 Juni 2023, pas hari jadi Ketoprak Siswobudoyo yang ke-65, Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga bisa ngasih penghargaan anumerta ke Ki Siswondo HS. Kayaknya pantas banget deh soalnya daerah Tulungagung ini dikenal sebagai "Daerah Seni" yang keren banget.



Nah, kebetulan malam ini (15 Maret 2023) aku sama teman-teman berkunjung ke rumah istri Ki Siswondo HS di Gurah Kabupaten Kediri. Kita juga diajak berkenang-kenang sama mas Didik Nini Thowok yang udah sering jadi bintang tamu di pertunjukan Ketoprak Siswobudoyo dari tahun 1970-an. Emang seru banget ya bisa ketemu sama keluarga Siswobudoyo dan mendapat semangat kesenian dari Pak Sis dan Ketoprak Siswobudoyo. Semoga aja semangat kesenian mereka bisa menginspirasi dan menguatkan budaya ketoprak di Tulungagung dan daerah-daerah lain di Jawa. Doain ya gengs!


Kediri, 16 Maret 2023

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.