Skip to main content

Perubahan Fakultas Ushuluddin dan Tantangan Kepemimpinan

Wah, banyak banget perubahan di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung nih. Dari zaman dulu sampe pandemi, semua berubah. Alumni bilang dulu mahasiswa semua kayak keluarga, gak ada yang merasa lebih hebat. Tapi sekarang, kekeluargaanya agak hilang gitu deh. Fakultas yang tadinya jadi pusat perhatian juga udah mulai meredup.



Meskipun jumlah mahasiswa makin banyak, kualitasnya belum tentu ikut naik. Keunggulan kajian malah makin turun dari tahun ke tahun. Diskusi banyak yang cuma jadi formalitas doang. Hasil diskusi pun jarang banget diimplementasikan. Ada mahasiswa yang bahkan gak ngerti dasar mata kuliah yang mereka ambil. Belum lagi masalah-masalah lainnya.

Tawaran-tawaran pusat studi juga ngaruh banget ke kualitas mahasiswa. Kalo mahasiswa disuruh meneliti, menulis, dan berkarya, sih oke banget. Tapi masih kurang aja buat ngisi waktu mahasiswa yang semakin banyak ini. Kalo nggak ikut pusat studi, bisa ikut organisasi. Tapi yang terjadi sekarang, banyak mahasiswa yang sebagai "ikutan-ikutan" aja. Belum lagi ada tawaran-tawaran organisasi yang kelihatan menjanjikan.

Penting banget nih bagi pemimpin yang punya pengaruh. Merekalah yang jadi rujukan tindakan mahasiswa dan calon mahasiswa baru. Pemilihan pemimpin juga harus jujur dan transparan, biar adil. Proses pemilihan pun harusnya pas waktu dan tempatnya. Soalnya kalo nggak jelas siapa yang dicalonkan, susah dong buat rakyat memilih.

Pemimpin berperan penting banget buat merubah suasana dan tatanan. Mereka nggak bisa lepas dari sejarah alumni sebelumnya. Kalo ada yang masih bagus bisa dikembangkan, tapi kalo nggak relevan lagi ya jangan dipertahankan. Pemimpin juga punya kesempatan buat dekonstruksi, kalo perlu.


Original Source: https://lpmaksara.home.blog/2021/08/07/perubahan-era-mengugemi-atau-dekontruksi/

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.