Skip to main content

Kisah Sahadewa dan Sakula: Keterikatan Anak Kembar

Kita semua tahu betapa eratnya ikatan antara anak kembar. Seperti Sahadewa dan Sakula yang ada dalam kisah "Sudhamala". Setelah Sahadewa meninggalkannya, Sakula mencari dan menemukannya di desa tepian hutan Prangalas. Semua itu berkat petunjuk dari Dewi Uma (Parwati).



Bhagawan Tambrapetra awalnya ingin menikahkan kedua putri kembar, Ni Soka dan Ni Padapa, dengan Sahadewa. Tapi ternyata Sahadewa hanya mau menikah dengan Ni Soka saja karena ia merindukan saudara kembarnya, Sakula. Sahadewa pun mengusulkan agar Ni Padapa dinikahkan dengan Sakula. Ini membuktikan betapa eratnya ikatan antara anak kembar. Mereka rela berbagi, bukan berebut.


Dan, seketika Sakula yang diutus untuk menemukan Sahadewa teringat kangen sama saudaranya. Maka, Sakula pun dinikahkan dengan Ni Padapa. Dengan demikian, kedua keluarga ini akhirnya bertemu. Dewi Kunti, bersama Yudhistira, Bhima, Arjuna, dan dua punakawan, ikut menemui mereka di Prangalas.


Setelah berkumpul kembali, keluarga Pandawa pamitan dengan Tambrapetra, Ni Soka, dan Ni Padapa. Mereka harus kembali ke negeri mereka, Amartha, karena ada tugas penting menanti: terjun ke medan pertempuran melawan pihak Kurawa yang dibantu oleh dua raksasa sakti, Kalantaka dan Kalanjaya.


Intinya kisah ini mengajarkan betapa kuatnya keterikatan anak kembar. Sungguh indah untuk dilihat!

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.