Skip to main content

Ikhtiar Dewi Kunti Meminta Bantuan Ra Nini dalam Perang Hadapi Kurawa: Kisah di Relief Candi Tegawangi

 Kisah di kaki Candi Tegawangi sisi depan kanan tangga memang selalu menarik untuk disimak. Salah satunya adalah adegan "Permohonan Kunti kepada Ra Nini untuk Membantu Pandawa dalam Perang Hadapi Kurawa".



Dalam adegan ini, kita bisa melihat betapa ikhlasnya Dewi Kunti, ibu para Pandawa, untuk meminta bantuan kepada Ra Nini, atau yang juga dikenal sebagai Dewi Durga atau Bhagawati. Dewi ini memiliki kekuatan yang sangat besar dan dihormati oleh banyak orang.

Dalam gambar relief, kita bisa melihat sosok Dewi Uma atau Parwati, yang saat itu terkena kutuk dari SiamiNya, Dewa Siwa. Berwujud raksasi yang besar dan menyeramkan, bahkan diturunkan dari Kaindran ke dunia, tepatnya di Ksetra Gandhamayu.

Namun, Dewi Kunti tidak gentar dan tetap memohon kepada Ra Nini untuk membantu Pandawa dalam perang melawan Kurawa. Sebuah permohonan yang berat, namun sungguh ikhlas dari hati seorang ibu.

Kita bisa belajar dari kisah ini, bahwa ketika kita memiliki tekad yang kuat dan tulus, bahkan hal yang mustahil bisa menjadi mungkin. Dan kadang-kadang, kita perlu meminta bantuan dari kekuatan yang lebih besar, seperti Dewi Ra Nini, untuk menghadapi tantangan hidup. Semoga kisah ini bisa memberi inspirasi bagi kita semua.


Dwi Cahyono

Kacuk, 19 Februari 2023

Bhaktavidya CHITRALEKHA

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.