Skip to main content

Diskusi Seri Pertama HMPS AFI UINSATU: Menapaki Jejak Filsafat Yunani Kuno

 Wuhuuu, Kamis, 3 Maret 2022 kemaren, HMPS Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UINSATU) menggelar diskusi mingguan seri pertama nih! Temanya adalah "Menapaki Jejak Filsafat Yunani Kuno", dan tempatnya di salah satu mushola di desa Tunggul Sari, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung! Seru banget, kan?



Diskusi ini dilakukan secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Yang daring hadir lewat siaran langsung Google Meet. Diskusi perdana ini turut dihadiri oleh dua pemantik dari mahasiswa AFI semester empat, Alif Nafisul Fikri dan Desi Novitri Natalia, yang dimoderatori oleh Imam Muzaqi, mahasiswa AFI semester dua. Diskusi berlangsung membahana dari jam 19.00 hingga 21.00 WIB. Pastinya seru banget!

Diskusi dimulai dengan penjelasan Alif mengenai Filsafat Yunani Kuno dari abad ke-7 hingga ke-6 Sebelum Masehi (SM). Dia menjelaskan gambaran bumi datar dan beberapa tokoh filsafat Yunani kuno seperti Homeros, Hesiod, dan Thales. Setelah itu, Desi meneruskan diskusi dengan memaparkan pemikiran tokoh-tokoh fenomenal seperti Phytagoras, Parminedes, dan Heraklitos.

Diskusi ini terbuka bagi semua mahasiswa, bukan hanya dari AFI saja, lho! Salah satu mahasiswa dari jurusan Tadris Biologi yang ikut hadir, Habiburrohman, bilang bahwa filsafat juga penting untuk perkembangan ilmu biologi. Wah, ini bikin semangat banget ikutan diskusinya!

Diskusi diakhiri dengan kata-kata penutupan Zaqi, sang moderator. Dia berharap para peserta baik dari daring maupun luring, bisa memahami pemikiran para tokoh filsafat Yunani Kuno yang telah dibahas. Keren banget, ya, acara sekelas ini bisa bikin kita tambah pintar dan mendapat banyak manfaat untuk kehidupan kita nanti. Yuk, tunggu diskusi berikutnya dari HMPS AFI UINSATU!

Original Source: https://buletinhmjafi.blogspot.com/2022/03/melacak-jejak-pemikiran-filosof-yunani.html

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.