Skip to main content

Teori Evolusi Agama Robert Bellah: Mengupas Empat Tahapan Perkembangan Agama

Gue tahu evolusi itu berlaku buat hampir semua hal, tapi yang gue baru tahu sekarang adalah teori evolusi agama dari Robert Bellah. Dia adalah seorang sosiolog Amerika Serikat yang tertarik dengan kajian keagamaan. Menurut Bellah, tahapan evolusi agama ada empat, yaitu mimetic, mythical, ethical, dan modernized.


Teori evolusi agama ini menunjukkan bagaimana agama berkembang seiring dengan perubahan sosial dan budaya. Tahap mimetic adalah tahap awal di mana manusia meniru perilaku alam, binatang, atau tumbuhan yang dianggap sakral. Misalnya, masyarakat primitif yang menjadikan pohon besar sebagai totem atau simbol kepercayaan mereka. Tahap mythical adalah tahap di mana manusia mulai menciptakan cerita atau mitos tentang hal-hal yang luar biasa atau di luar nalar. Misalnya, masyarakat Yunani kuno yang memiliki banyak dewa dan dewi yang menguasai berbagai aspek alam dan kehidupan. Tahap ethical adalah tahap di mana manusia mulai mengembangkan norma-norma moral dan hukum yang berdasarkan pada ajaran agama tertentu. Misalnya, masyarakat Yahudi yang mengikuti hukum Taurat atau masyarakat Islam yang mengikuti hukum Syariah. Tahap modernized adalah tahap di mana agama menjadi lebih rasional, individual, dan pluralis. Misalnya, masyarakat Barat yang memiliki kebebasan beragama dan toleransi terhadap agama lain.


Gue tertarik dengan teori ini karena gue merasa bisa melihat perkembangan agama di Indonesia dari perspektif ini. Gue juga penasaran bagaimana agama akan terus berevolusi di masa depan. Apakah agama akan tetap relevan atau malah terpinggirkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi? Apakah agama akan menjadi lebih damai atau malah menjadi sumber konflik? Apakah gue akan tetap berpegang pada agama gue atau malah mencari agama lain? Gue rasa gue harus belajar lebih banyak tentang teori ini dan agama-agama lain agar gue bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.