Skip to main content

Ketidaksesuaian Jumlah DPT dalam Pemilihan Mahasiswa: Pentingnya Patuhi Aturan

 Nah, ada kabar nih dari pemilihan umum mahasiswa di FTIK yang baru-baru ini diadakan. Ternyata ada masalah dengan jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan oleh panitia. Jadi, aturannya sebenarnya adalah DPT untuk pemilihan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema-F) harus 10% dari jumlah mahasiswa aktif setiap jurusan, dan untuk setiap program studi juga harus 10%. Tapi, dalam keputusan pemilihan Dema FTIK, ditetapkan bahwa DPT yang digunakan adalah 426 mahasiswa.



Nah, ini jadi membuat beberapa orang bertanya-tanya, kenapa sih panitia pemilu tidak menggunakan aturan yang berlaku? Seorang anggota Sema FTIK bahkan mengatakan bahwa tidak boleh kurang dari 10% karena bertentangan dengan peraturan yang ada. Tapi, panitia pemilu berpendapat bahwa 10% itu hanya batas maksimal dan tidak masalah jika DPT-nya kurang dari itu.


Menurut saya, ini menunjukkan bahwa ada penurunan pemahaman tentang hierarki peraturan. Dan juga, membuat saya bertanya-tanya tentang apa gunanya Sidang Istimewa yang sudah membahas terkait jumlah DPT jika pada akhirnya tidak diikuti oleh panitia pemilu.


Jadi, saya rasa panitia pemilu dan pihak terkait harus memperhatikan hal ini untuk memastikan bahwa aturan yang berlaku dipatuhi dengan benar di masa depan. Kita semua ingin pemilihan yang adil dan transparan, kan?


Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.