Skip to main content

Ganesha: Dewa Perang dengan Senjata Gading Patah

 Cerita ini bercerita tentang patung Dewa Ganesha yang ada di situs Karangkates. Patung itu terbuat dari batu yang besar dan menampilkan sosok setengah gajah dan setengah manusia. Kepala, belalai, dan tubuhnya terlihat seperti gajah dengan perut yang buncit. Orang setempat menyebutnya "Mbah Jonoto" yang artinya "raja gajah". Patung Ganesha ini digambarkan berdiri tegak di atas singgasana yang terbuat dari sembilan kepala. Ada banyak hiasan kepala pada patung ini seperti pada singgasana, jamang, anting-anting, sabuk, dan mangkuk. Banyak ahli menghubungkan hiasan kepala dengan aliran "Tantra" yang berkembang di Jawa Timur pada zaman Kerajaan Singhasari.



Patung Ganesha ini memiliki ciri khusus lainnya seperti rambut yang dihias dengan bulan sabit dan tengkorak, dan memiliki senjata kapak dan tasbih di tangannya. Ada juga sepasang mangkok yang terbuat dari tengkorak di kedua tangannya. Patung ini juga memiliki tubuh yang gemuk dengan perut yang buncit.


Hiasan pada sandaran patung juga sangat menarik, terdapat lingkaran bercahaya yang melambangkan matahari dan bulan sabit yang bersinar. Simbol ini menggambarkan bahwa Ganesha sebagai dewa ilmu, bisa menerangi kegelapan yang berupa kebodohan. Belalai gajah yang terjulur ke mangkok berbentuk kapala melambangkan penyerapan ilmu secara terus-menerus. Artinya, Ganesha selalu menyerap dan menumpahkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada manusia.


Di kepala patung Ganesha yang berbentuk kepala gajah, terdapat dua pahatan gading (danta) yang patah di tengah dan ujungnya. Ada kemungkinan pada patung Ganesha lain, salah satu gadingnya sengaja dipahat patah sehingga dinamakan Ganesha ekadanta. Patahan gading ini dipegang erat oleh tangan kanannya. Menurut mitologi Hindu, Ganesha menggunakan patahan gading ini sebagai senjata untuk membunuh musuhnya, raksasa sakti Nilaludraka. Ganesha digambarkan sebagai dewa perang dan pimpinan para prajurit dewa Siwa, dikenal dengan sebutan Ganapati atau Ganapatya. Selain sebagai dewa ilmu, Ganesha juga memiliki peran sebagai senapati para prajurit. Semoga tulisan dan video tentang patung Ganesha di Karangkates dapat memberikan manfaat bagi para penggemar kebudayaan masa lalu. Terima kasih.

Comments

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.